ddkoin
ddkoin
ddkoin

Ingin membeli produk furniture dengan Bitcoin dan beberapa varian kripto lain? Sayangnya fenomena ini belum ditemukan di Indonesia. Namun produk furniture pabrikan dari Beliani di Swiss, Eropa barat ini sudah bisa dibeli dengan Bitcoin.

Beliani adalah perusahaan furniture berbasis di Swiss. Pertama kali didirikan oleh Michael dan Stephan Widmer sejak 2009. Sekarang perusahaan tersebut sudah berkembang pesat di 19 negara di dunia.

Produk furniture pabrikan Beliani akhirnya bisa dibeli juga dengan Bitcoin dan juga beberapa varian kripto lain seperti Ethereum, XRP dan  yang lain. Peluang dengan menerima cryptocurrency bisa dilakukan setelah perusahaan ini menjalin kemitraan dengan BitPay.

Kabarnya, pembelian dengan bitcoin dan beberapa cryptocurrency lain untuk produk furniture Beliani bakal bisa dilakukan di 16 negara Eropa. Seperti Swiss, Austria, Inggris, Perancis, Spanyol, Italia, Portugal, maupun Belanda. Khusus untuk di Negara Belanda ini disebut telah memiliki sekitar 1 juta pelanggan.

CEO Bitpay Stephen Pair mengatakan, “Cukup menyenangkan melihat Beliani menambahkan opsi pembayaran cryptocurrency dengan menggunakan BItpay, sehingga pengguna bisa membelanjakan bitcoin dan membuka peluang pasar baru pada Beliani,” kata Stephen di FinanceMagnet (12/5/2020).

Produk furniture dari Beliani tampak berupaya untuk memperluas segmentasi pasarnya. Dengan cara merambah dunia cryptocurrency. Peluang ini umumnya dilakukan untuk memberikan output penjualan yang lebih tinggi. Sementara dunia cryptocurrency, adalah salah satu segmentasi yang sudah memiliki pasarnya sendiri.

CEO Beliani Stephan Widmer menanggapi, “Pada perubahan iklim ekonomi saat ini cukup mudah melihat pertumbuhan melalui BitPay dengan membuka produk kami pada konsumen baru, dan dengan menjadi pengadopsi awal untuk teknologi pembayaran yang sekarang hampir meledak menjadi adopsi mainstream,” terangnya.

Menurutnya pribadi, penggunaan cryptocurrency seperti bitcoin juga memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah karena konsumen bisa menghemat biaya pembayaran sampai 2 hingga 3 persen. Penghematan ini jika dibandingkan dengan metode pembayaran melalui perbankan pada umumnya.

BitPay sendiri berperan sebagai pihak yang memfasilitasi proses pembayaran antara pembeli dengan Beliani selaku penjual produk furniture. Proses penyelesaian transaksi itu dilakukan dengan memantau konfirmasi transaksi di setiap platform blockchain yang digunakan.

Furniture Beliani Bukan Yang Pertama

Pembelian furniture menggunakan bitcoin dan cryptocurrency lainnya juga sudah bisa dilakukan di retailer selain Beliani. Namun pembedanya lantaran Beliani adalah salah satu produsen furniturenya langsung.

Sementara beberapa platform yang lebih dulu menerima bitcoin untuk membeli furniture umumnya dilakukan di beberapa ecommerce. Sebut saja seperti Overstock.com, Newegg, dan juga Fancy.com. Selain itu ada juga waralaba online besar seperti Amazon, Walmart, maupun Argos.

Bahkan Walmart ini sudah menaruh perhatian lebih kepada Bitcoin. Di tahun 2018, Walmart sudah menjual permen coklat berlabel Bitcoin. Masih di tahun yang sama, 2018, Walmart mulai memanfaatkan teknologi blockchain untuk meminimalisir infeksi bakteri E Coli. Berlanjut kemudian di tahun 2019 Walmart mulai mengajukan paten aplikasi Drone berbasis blockchain.