Cara Membuat Cryptocurrency Sendiri

Cara membuat cryptocurrency sendiri pada dasarnya tidak begitu sulit, mengingat bitcoin sendiri adalah open source. Sampai sejauh ini telah ada ribuan jenis kripto selain bitcoin, atau yang disebut dengan Altcoin.

14
1737
Cara Membuat Cryptocurrency Sendiri

Sebelum mencoba tutorial cara membuat cryptocurrency ini, perlu diketahui bahwa sebagian besar cryptocurrency tidaklah dibuat dari awal. Melainkan mengambil source code yang yang sama berasal dari bitcoin, lalu diturunkan menjadi jenis lainnya lagi. Varian yang baru dibuat ini, kemudian disebut dengan Altcoin (alternatif coin selain Bitcoin).

Sedangkan sebagaian besar lainnya adalah berupa token, yang dibangun diatas blockchain tertentu. Meski memang telah ada ribuan jenis altcoin, nampaknya akan tetap ada bermunculan nama-nama kripto baru, dan terus bertambah. Orang di dunia nampak begitu menikmati betapa mudahnya membuat uang sendiri versi mereka, setelah ruang-ruang itu dimonopoli dan dimanipulasi oleh bank-bank sentral dunia. Mereka mentasbihkan dirinya sebagai dewa penguasa penciptaan mata uang.

Apa yang terjadi jika setiap orang di dunia membuat mata uangnya sendiri? Di mana posisi dan peran bank sentral nantinya? Kira-kira seperti itulah gambaran yang perlu menjadi prolog pada kesempatan kali ini. Daripada makin ngelantur :D, mari kita coba memulai bahasan tentang bagaimana cara membuat cryptocurrency sendiri.

Seperti yang telah dijelaskan di awal, bahwa dari ribuan jenis kripto yang ada, sebagian besar banyak mengambil dari source code yang sudah ada. Pada bahasan ini pula, kita akan memanfaatkan source code yang telah ada tersebut. Bagaimana pun, cara-cara seperti itu tetap menjadi titik awal yang baik untuk mencoba mengenali lebih mendalam tentang cryptocurrency, bitcoin secara khusus, karena telah menjadi pengawal dunia cryptocurrency.

Souce code yang kita ambil nantinya adalah Litecoin versi 0.8, pertimbangannya, karena masih simple, dan belum kompleks seperti yang saat ini. Bagi yang sudah pengalaman coding, mungkin referensi pemprograman blockchain dengan C# bisa berguna untuk lebih jauh bisa bereksplorasi.

Jangan diambil serius, karena ini hanya bersifat pembahasan saja, bukan bertujuan membuat kripto baru seperti pada umumnya. Siapkan cemilan, kopi, karena prosesnya akan membutuhkan waktu yang lumayan panjang. Yuk, mari kita mulai.

Bagian Satu – Install Semua Dependency yang Diperlukan

Dependencies ini adalah file-file yang diperlukan saat kita hendak menginstall sesuatu. Agar cara membuat cryptocurrency sendiri ini berjalan mulus, tentu membutuhkan sekian banyak dependency yang diperlukan. Langsung saja, buka terminal di ubuntu anda, lalu satu persatu paste perintah berikut ini:

sudo apt-get install git
sudo apt-get install build-essential libtool autotools-dev automake pkg-config libssl-dev libevent-dev bsdmainutils
sudo apt-get install libboost-system-dev libboost-filesystem-dev libboost-chrono-dev libboost-program-options-dev libboost-test-dev libboost-thread-dev
sudo apt-get install libboost-all-dev
sudo apt-get install software-properties-common
sudo add-apt-repository ppa:bitcoin/bitcoin
sudo apt-get update
sudo apt-get install libdb4.8-dev libdb4.8++-dev
sudo apt-get install libminiupnpc-dev
sudo apt-get install libzmq3-dev
sudo apt-get install libqt5gui5 libqt5core5a libqt5dbus5 qttools5-dev qttools5-dev-tools libprotobuf-dev protobuf-compiler
sudo apt-get install libqt4-dev libprotobuf-dev protobuf-compiler

Jika anda bertanya mengapa kita memerlukan repository bitcoin? Betul, karena Litecoin memang berasal dari sumber yang sama, Bitcoin. Lebih jauh kita akan mengetahui sendiri bagaimana Litecoin ini tidak akan jauh berbeda dengan Bitcoin, selain beberapa konsensus mendasar saja yang membedakan, seperti total supply dan beberapa hal lain.

Teruskan lagi prosesnya dengan memulai clone source code Litecoin versi 0.8 di github. Untuk memudahkan, sebaiknya anda menyimpan file clone Litecoin tersebut di folder Desktop pada ubuntu yang anda gunakan. Paste perintah di bawah ini:

cd Desktop
git clone -b 0.8 https://github.com/litecoin-project/litecoin.git

Pertama kali setelah clone, ada baiknya anda merubah nama folder hasil clone tersebut, sehingga mudah untuk di ingat. Di sini, EB merubah nama foldernya dengan “ebina”. Jadi untuk selanjutnya, anda hanya tinggal menyesuaikan saja dengan folder anda sendiri.

Kalau sudah, lanjutkan dengan merubah semua nama Litecoin, menjadi apapun sesuka anda. Paste saja perintah dibawah ini:

cd ebina
find . -type f -print0 | xargs -0 sed -i 's/litecoin/ebina/g'
find . -type f -print0 | xargs -0 sed -i 's/Litecoin/Ebina/g'
find . -type f -print0 | xargs -0 sed -i 's/LiteCoin/EbinaCoin/g'
find . -type f -print0 | xargs -0 sed -i 's/LITECOIN/EBINA/g'
find . -type f -print0 | xargs -0 sed -i 's/LTC/INA/g'

Jadi dengan perintah diatas tadi, kita telah merubah semua kata di dalam file-file hasil clone tersebut, dengan versi kita sendiri.

Khusus untuk source code Litecoin di versi ini, ada sedikit masalah di file rpcrawtransaction.cpp. Jadi kita perlu untuk merubahnya terlebih dulu. Buka folder hasil clone anda, lalu buka folder /src. Tepat di baris nomor 242, paste saja seperti ini:

const CScriptID& hash = boost::get<CScriptID>(address);

Setelah itu, sekarang kita coba untuk compile hasil clone. Proses compile pertama ini cukup menentukan kita bisa melanjutkan lebih jauh atau tidak. Jadi pastikan semua langkah diatas telah dilakukan secara benar.

Kalau berhasil, lebih jauh kita juga akan mengulang proses compile beberapa kali. Jangan khawatir, anda juga dapat mengcompile berapa kali yang anda mau, selama itu tidak merugikan tetangga anda… hehehe. Namun sebelumnya, pastikan anda berada di folder /src, lalu gunakan perintah ini untuk mulai mengcompile:

make -f makefile.unix

Bagaimana? Berhasil? Kalau berhasil berarti anda siap melangkah di tahap cara membuat cryptocurrency sendiri selanjutnya. Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya, di dalam folder /src itu akan terdapat file “ebinad” (jika di dalam folder /src anda “xxxd”). Fungsi file itu adalah sebagai daemon, kalau di bitcoin disebut dengan bitcoind (daemon bitcoin).