Dua Kali Hearing untuk Membahas Kripto Di Kongres Amerika Serikat

Khusus untuk membahas tentang dunia kripto, Kongres Amerika Serikat akan menggelar dua kali agenda hearing yang dilakukan secara terpisah. Agenda hearing pertama digelar oleh Komisi Jasa Keuangan, dan di hari yang sama juga digelar hearing tentang kripto oleh Komisi Pertanian Amerika Serikat.

1
68
Dua Kali Hearing Khusus Digelar untuk Membahas Kripto Di Kongres Amerika Serikat

Kongres Amerika Serikat secara khusus akan menggelar dua kali hearing secara terpisah pada hari Rabu esok. Dua kali hearing yang bakal digelar esok tersebut, adalah secara khusus untuk membahas tentang dunia kripto. Dikabarkan dari Coindesk, bahwa kedua agenda hearing tersebut kabarnya akan dilaksanakan di Capitol Hill – Washington DC, dan disiarkan secara langsung.

Hal tersebut dilakukan seiring dengan rencana Komisi Jasa Keuangan di Amerika yang berkeinginan untuk menggelar hearing terkait dengan kripto beberapa waktu sebelumnya. Sedangkan di hari yang sama, juga digelar hearing tentang kripto oleh Komisi Pertanian Amerika Serikat.

Hearing yang digelar oleh Komisi Jasa Keuangan, secara spesifik akan banyak membahas apakah kripto dipandang sebagai sebuah mata uang baru. Hal tersebut dilatar belakangi oleh banyaknya pemikiran tentang bagaimana Pemerintah AS agar bisa mempertimbangkan kripto dengan potensinya sebaga mata uang. Tidak lain, karena memang kripto apat digunakan secara lokal maupun internasional.

Akhirnya, pemikiran-pemikiran tersebut diliris dalam sebuah memo yang diterbitkan pada hari Jumat pekan lalu (13/7/18). Memo itu dibuat oleh sebagian besar staf FSC (Financial Services Committee). Pada memo tersebut disebutkan perlunya menggelar hearing dengan tema “The Future of Money: Digital Currency” (mata uang kripto sebagai mata uang masa depan).

Di hearing yang digelar oleh Komisi Pertanian, secara khusus membahas kripto terkait dengan pengawasan untuk aset digital kripto tersebut. Pengawasan aset digital berbasis kripto, selama ini memang dianggap sebagai sebuah tantangan tersendiri bagi pihak pemangku kebijakan di banyak negara, tidak hanya di Amerika.

Satu catatan penting yang bisa diambil dari digelarnya dua kali hearing di kongres Amerika Serikat tersebut, adalah adanya minat dan atensi besar terkait dengan dunia kripto sebagai salah satu komoditas.

Ketua Komisi Pertanian, Michael Conaway memberikan komentar di Coindesk, “Komisi kami mempunyai minat mendalam dalam mempromosikan pasar yang kuat terhadap semua jenis komoditas. Termasuk juga komoditas yang muncul dari perkembangan teknologi baru,” terangnya.

Meski perjalanan bitcoin dan kripto lain untuk dianggap sebagai mata uang baru dan global akan terasa masih jauh jika berkaitan dengan ranah regulasi para pemangku kebijakan, namun dari hal ini mulai nampak geliat yang makin mendalam.