ddkoin
ddkoin
ddkoin

Legenda hidup pesepakbola dunia, Ronaldinho ditangkap pihak berwenang di Paraguay karena menggunakan paspor palsu hari Selasa (10/3/2020). Pesebakbola dunia asal negeri Samba itu kini masih di tahan di penjara Paraguay sembari menanti persidangan.

Sebelum perkara tersebut dipersidangkan, Ronaldinho mungkin bisa mendekam hinga 6 bulan. ­Ternyata tidak hanya perkara paspor palsu lantaran pajak. Ada dugaan tindak kejahatan lain. Misalnya di tahun 2012 yayasan pendidikan bernama Instituto Ronaldinho Gaucho (IRG) milik Ronaldinho juga diselidiki pihak berwenang.

Ada dugaan kontrak yang tidak wajar pernah dilakukan senilai USD 100 ribu.  Setelah ditangguhkan, ada pembayaran lain senilai UD 300 ribu lagi ke yayasan ini yang dinilai tidak wajar. Selain dugaan-dugaan lain tersebut, Ronaldinho juga disebut terjerat kripto bodong.

Pada tahun 2018 Ronaldinho sudah sering terkait dengan beberapa proyek-proyek kripto. Pada sekitar bulan Oktober 2018, Ronaldinho juga terlibat pada peluncuran proyek Ronaldinho Soccer Coin (Token RSC yang dibangun dari NEO). Di proyek ini, Ronaldinho bekerjasama dengan WSC Limited yang berbasis di Malta.

Tidak hanya itu, Ronaldinho juga sempat di kaitkan dengan proyek kripto bernama 18K Ronaldinho. Dugaan keterlibatan di 18K Ronaldinho inilah yang disebutkan sebagai salah satu kripto bodong yang menjeratnya. Proyek 18K Ronaldinho adalah proyek kripto bikinan Marcelo Lara.

Laporan pengaduan yang diterima dari para korban menyebut bahwa 18K Ronaldinho adalah kripto bodong. Para korban ini menuntut ganti rugi sebesar USD 65 juta. Namun kuasa hukum Ronaldinho menyebut perusahaan 18K itu mencatut nama Ronaldinho tanpa ada ijin resmi.

Sedangkan yang pernah tersiar kabar adalah bahwa kuasa hukum Ronaldinho sudah berupaya untuk memutus kontrak kerjasama dengan 18K Ronaldinho di bulan Oktober 2019. Menurut kuasa hukumnya, Ronaldinho tidak mengijinkan namanya terlibat dan terkait dengan cryptocurrency. Sementara pihak berwenang termasuk SEC di Brazil sudah sempat menyelidiki keterlibatan di proyek tersebut.

Belakangan, situs resmi 18K Ronaldinho mengubah bisnis utamanya dengan menjual produk-produk merchandise seperti jam tangan, topi, ataupun perhiasan. Meski demikian, di situs resmi ini ternyata memang masih tetap memampang wajah Ronaldinho.