ddkoin
ddkoin
ddkoin

Otoritas Pengawas Sektor Keuangan Inggris – FCA sempat memberikan rilis pernyataan resmi yang keliru terkait dengan bursa kripto Kraken. Namun, pernyataan resmi itu kemudian ditarik dalam beberapa jam kemudian.

Badan OJK Inggris tersebut, sempat mempublikasikan pernyataan resmi tentang bursa kripto Kraken. Tertulis dalam pernyataan resmi itu, bahwa bursa kripto Kraken dinilai tidak berwenang beroperasi di UK, seperti yang dikutip dari Cointelegraph hari ini (5/3/2020).

Pada pernyataannya, FCA melampirkan dua buah kontak email Gmail. Nampaknya dari akun email tersebut diketahui bahwa ada upaya penipuan yang dilakukan oleh orang tertentu dengan mengaku dan menggunakan nama Kraken.

Nampaknya upaya penipuan itu berusaha untuk mentargetkan masyarakat UK. Namun selain menyebut Kraken, pernyataan FCA yang pada akhirnya ditarik kembali itu juga menyebut tentang bursa kripto BitMex.

Mengetahui ada rilis dari OJK Inggris, pihak Kraken lantas meminta FCA untuk mencabut pernyataan tersebut. Beberapa jam kemudian, rilis FCA terkait Kraken itupun dicabut. Terkait hal ini, pihak Kraken sempat memberikan klarifikasi melalui Cointelegraph.

Perwakilan bursa kripto Kraken memberikan pernyataan, “Pernyataan peringatan itu berdasarkan kontak telephon alamat Gmail milik scammer yang menggunakan merk kami. Dan kami juga telah menghubungi FCA untuk memberikan klarifikasi. Kraken Futures sudah terdaftar di FCA dengan nomor referensi 757895,” terangnya.

Sementara terkait dengan penyebutan bursa kripto BitMex, juga dianggap tidak berwenang beroperasi di wilayah yang sama, jika ada pengguna yang berasal dari UK. Layanan derivatif kripto BitMex sendiri sudah mengundang kontroversi. Di tahun 2019, Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC) bahkan sempat melakukan proses investigasi khusus kepada BitMex.

Yang dipersoalkan CFTC tentang BitMex juga sama. Menganggap bahwa layanan BitMex melanggar yurisdiksi layanan derivatif. Sementara, BitMex merupakan bursa yang berbasis di Seychelles, salah satu negara di Afrika Timur.

Di sisi lainnya, Inggris terkesan mulai memperketat aturan yang terkait dengan dunia kripto. Belum lama ini, Gubernur Bank Sentral Inggris (BoE) Andrew Bailey juga sempat melontarkan pernyataan pesimis terhadap Bitcoin. Pernyataan itu dikemukakan pada kesempatan hearing di depan anggota parlemen sehari lalu.

(gambar: Bendera Inggris oleh 024-657-834 via Pixabay)