Program dana bantuan sosial yang diprakarsai melalui platform DDKoin ini bernama DUREF (DDK Universal Relief Fund). Program dana bantuan sosial tersebut sudah mulai berjalan sejak awal bulan Mei 2020.

Kesempatan pertama yang dijalankan bertepatan dengan bulan Ramadhan yang penuh berkah. Terlebih suasana bulan suci saat kemarin berjalan di tengah pandemic Covid 19. Momentum di hari suci itu, menjadi saat yang tepat untuk memberikan uluran tangan kepada yang membutuhkan.

Terlebih dengan wabah pandemi covid 19, sudah berdampak kepada lebih banyak orang yang memerlukan bantuan. Proyek pertama program DDK Duref yang dilakukan sudah menyalurkan bantuan berupa kebutuhan dasar di bulan suci. Momentum tersebut bekerjasama dengan salah satu lembaga non-profit Srikandi di Malaysia.

Penyaluran bantuan dilakukan langsung tertanggal 1 Mei 2020 bertempat di Perumahan Rakyat Raya Permai, Selangor – Malaysia. Total alokasi bantuan program itu berjumlah 225DDK. Dibagikan dalam bentuk bantuan persediaan bahan pokok seperti nasi, gula, telur, telur, makanan ringan seperti biscuit, dan bahan pokok lain.

Tim DDKoin bersama dengan LSM Srikandi
Tim DDKoin bersama dengan LSM Srikandi di Malaysia saat menyalurkan dana bantuan sosial.

Berkenaan dengan situasi wabah covid 19, tim DDK juga menjalankan protokol kesehatan yang sesuai untuk tetap menjaga jarak (social distancing). Dan tidak lupa juga menggunakan masker untuk memutus penularan covid 19.

Proyek bantuan sosial Duref di platform DDK adalah penggalangan dana yang dilakukan di dalam komunitasnya. Fokus progam sosial Duref diharapkan dapat membantu stakeholder DDK atau kegiatan sosial lain dan bekerjasama dengan pihak LSM secara tidak mengikat.

Kerjasama dengan lembaga nirlaba itu dilakukan untuk mempermudah pelaksanaan pemberian bantuan. Sekaligus juga untuk mengarahkan pemberian bantuan lebih tepat sasaran, dan tidak mengikat.

Secara lebih spesifik di komunitasnya, program Duref juga diharapkan bisa membantu stakeholder yang membutuhkan karena terdampak wabah covid 19. Seperti penurunan pendapatan karena terdeteksi positif Covid 19, kehilangan pekerjaan, atau tidak mendapatkan bayaran selama Movement Control Order (MCO). Transparansi pemberian bantuan itu juga di salurkan dan bisa dilihat secara langsung melalui DDK Explorer. Lebih detail pelaporan hasil penyaluran juga bisa dilihat di halaman forum DDKoin.