ddkoin
ddkoin
ddkoin

Besaran kapitalisasi Stablecoin tercatat meningkat berdasarkan data dari Coin Metrics. Per tanggal 20 April kemarin, kapitalisasi Stablecoin sudah mencapai lebih dari USD 9 milyar. Peningkatan kapitalisasi pasar untuk Stablecoin ini memang yang pertama kali.

Selama ini banyak persepsi yang menilai bahwa peningkatan Stablecoin dianggap dapat memberikan stimulus untuk pasar cryptocurrency seperti Bitcoin dan varian Altcoin lainnya. Digital aset dalam bentuk Stablecoin dianggap memiliki peran penting dalam pertumbuhan pasar cryptocurrency.

Anggapan itu dilandasi lantaran varian Stablecoin memiliki cadangan nilai yang “stabil”. Namun sayangnya tidaklah sesederhana itu. Sebaliknya persepsi tersebut bahkan tidak sepenuhnya benar. Peningkatan kapitalisasi Stablecoin justru mungkin tidak memberikan dampak untuk cryptocurrency.

Kapitalisasi Stablecoin
Kapitalisasi Stablecoin capai USD 9 milyar (gambar: Coin Metrics)

Seperti yang telah diketahui, penerbit varian Stablecoin lebih banyak berasal dari inisiasi pemilik bursa kripto seperti Bitfinex, Gemini, Huobi, Binance, dan lain-lain. Kapitalisasi terbesar Stablecoin saat ini adalah USDT dengan total kurang lebih USD 7,3 milyar. Sementara di posisi kedua adalah USDC dari Coinbase dengan total USD 730 juta.

Di penghujung bulan Maret lalu, ada sekitar 120 juta USDT baru yang diterbitkan kembali. Hal semacam ini yang dianggap memberikan dampat bullish untuk cryptocurrency seperti Bitcoin dan yang lain. CEO FTX Sam Bankman dalam ciutannya menilai tingginya pertambahan unit USDT baru tersebut lebih terkait pada tiga faktor.

Memenuhi supply USDT untuk OTC di pasar Asia. Kedua untuk posisi hedge dan bermaksud meminimalisir penurunan nilai, dan ketiga untuk meminimalisir resiko. Di pasar kripto Asia seperti Tiongkok, aset USDT menjadi media yang dianggap masih memungkinkan dilakukan agar bisa masuk di pasar kripto. Tidak ada cara lain untuk mengakses pasar kripto selain itu.

Penggunaan USDT memang memungkinkan jadi cara mudah memindahkan uang ke seluruh dunia. Namun pengguna bisa saja tidak berinteraksi dengan Bitcoin atau cryptocurrency lainnya. Terlebih jika pengguna USDT berniat untuk menjual Stablecoin, dapat dengan mudah untuk menarik dana langsung ke rekening bank. Sedangkan di sisi lainnya peningkatan itu tetap berpotensi menjadi sinyal bullish untuk pasar Bitcoin. Potensi tersebut bisa berasal dari aktifitas penjualan USDT yang mungkin terakumulasi menjadi permintaan untuk Bitcoin.