Tercatat hari ini tadi, sudah ada transaksi bitcoin paus senilai USD 1,3 milyar dalam bentuk bitcoin (BTC). Transaksi bitcoin paus ini umumnya kerap dikenal dengan istilah “whale”, atau transaksi dengan nominal besar yang banyak diasosiasikan dengan “kelas kakap”.

Transparansi transaksi yang bisa diamati secara publik membuat banyak orang dapat mengamati perpindahan dana yang bernilai besar tersebut kapan saja. Dari mana saja.

Pada transaksi paus yang diketahui terjadi hari ini tersebut, diketahui terpecah dalam tiga transaksi secara beruntun. Namun total keseluruhan dari tiga transaksi yang ada bernilai setara dengan USD  1,3 milyar. Jika dikurs rupiah kurang lebihnya sekitar Rp. 18 trilyun, keseluruhannya dalam bentuk BTC.

Salah satu dari tiga transaksi paus bitcoin yang terjadi hari ini
Salah satu dari tiga transaksi paus bitcoin yang terjadi hari ini

Jika ditotal dalam bentuk BTC, jumlah transaksi ketiganya berjumlah sekitar 132.255 BTC. Ketiga transaksi yang terjadi hari ini itu terjadi di block 634133. Terpisah dalam 3 transaksi berbeda dengan selisih waktu sekitar 1 menit, dikutip dari pantauan Cointelegraph hari ini.

Di bulan April lalu, bursa kripto Bitfinex diketahui juga sempat memindahkan dana sekitar 161.500 BTC. Nilai itu ditaksir sekitar USD 1,1 milyar, hanya dalam satu transaksi saja. Orang kemudian menyebut transaksi tunggal tersebut menjadi transaksi dengan nominal terbesar dalam sejarah bitcoin yang terjadi setelah tanggal 16 November 2011.

Pada tanggal 16 November tersebut, sebenarnya menjadi transaksi tunggal dengan nilai nominal terbesar dalam sejarah. Nilainya mencapai 500.000 BTC. Hanya saja, karena saat itu harga bitcoin saat itu masih rendah. Total transaksinya hanya setara dengan USD 1,32 juta.

Bagi spekulan, perpindahan dana BTC dengan jumlah yang besar sudah dinilai perlu menjadi pertimbangan untuk melihat pergerakan pasar. Meski pada dasarnya, belum pula dapat dilihat apakah transaksi itu berujung hendak dijual, atau hanya sekedar dipindahkan untuk disimpan.