ddkoin
ddkoin
ddkoin

Rencana dalam proposal pengembangan Ethereum, Ethereum Improvement Proposal (EIP) ProgPoW menuai kontroversi. Polemik ini pada akhirnya membuahkan penolakan di komunitas. Petisi yang ditulis oleh Justin Leroux berharap dapat menggagalkan EIP 1057 tentang ProgPow yang sudah dipersiapkan sejak tahun 2018.

Petisi penolakan ProgPow tersebut diposting dua hari lalu (25/2/2020) melalui Github. Petisi dikabarkan sudah ditandatangani lebih dari 70 orang. Termasuk dari Uniswap, DARMA Capaital, beserta CEO Truffle Suite.

EIP 1057 tentang usulan ProgPoW Ethereum ini mulai banyak diperbincangkan kembali di sekitar bulan Agustus 2019. Peristiwa yang melatarbelakangi berkaca pada bulan April 2018 saat chip Antminer E13 pabrikan Bitmain dirilis.

Khusus untuk chip Antminer E3 ini, dirancang khusus untuk dapat melakukan pertambangan Ethereum (ETH). Rilis produk chip asic mining ini membuat kekhawatiran para penambang. Sementara para proposal terkait ProgPoW, adalah dalam rangka untuk membuat konsensus pertambangan Ethereum menjadi resisten ASIC.

Menurut Justin Leroux, proposal EIP ProgPoW tidak mendapat dukungan dari komunitas Ethereum. Justin mengatakan bahwa Ethereum adalah platform global dengan pemangku kepentingan besar dan beragam. Sehingga cukup penting perubahan protokol yang dilakukan memiliki tujuan jelas dan mendapat dukungan luas.

Secara teknis, Justing juga menilai perubahan algoritma pertambangan itu bisa memberikan resiko yang luas. Di lain pihak, pendukung rencana ProgPoW dapat membantu pada saat proses harfork untuk merubah konsensus menjadi Proof of Stake.

Pada proposal EIP 1057 inilah upaya untuk mengganti algoritma mining Ethash. Sejak saat pertama diperkenalkan, sejumlah kritik memang sudah mengalir deras. Terutama menindaklanjuti latar belakang pengusung ProgPoW.

Sempat tersiar kabar saat itu, bahwa usulan ini diperkenalkan oleh Krity Leigh Minehan, berasal dari perusahaan Core Scientific. Sementara dibelakang Core Scientific ini dikomandoi oleh COO Microsoft, B. Kevin Turner.

Yang lebih unik lagi, Core Scientific sudah bermitra dengan perusahaan cloud computing bernama Squire Mining. Ada nama pengacara Craig Wright, Calvin Ayre yang ternyata sudah memiliki 827 juta saham perusahaan Squire Mining.

Alih-alih berniat resisten terhadap ASIC, upaya ini justru akan menjadi masalah baru lantaran menjadi santapan perusahaan-perusahaan besar yang ada dibalik rencana tersebut. Termasuk juga seperti vendor kartu grafis besar seperti AMD, NVidia, dan lain-lainnya.