ddkoin
ddkoin
ddkoin

Cukup melegakan, bahwa insiden penangkapan Larry Harmon pemilik layanan coin mixing Helix tidak berimbas kepada para pengembang. Publikasi Coin Center hari ini, meyebut hal itu sesuai dengan pedoman FinCEN tentang bisnis cryptocurrency yang sudah terbit di tahun 2019.

CEO Coin Ninja, Larry Harmon ditangkap atas tuduhan terlibat tindak pencucian uang senilai USD 300 juta melalui layanan Coin Mixing bernama Helix. Layanan coin mixing Helix ini disebut telah beroperasi sejak 2014 – 2017. Insiden coin mixing dikhawatirkan dapat berimbas juga kepada para pengembang.

Coin Mixing berawal dari konsep peningkatan privasi dalam transaksi cryptocurrency. Ide awal coin mixing berasal dari konsep Coin Join di tahun 2013 silam. Sisi teknologi peningkatan privasi dalam transaksi cryptocurrency seperi bitcoin ini, kemudian menjadi patokan bagaimana fitur-fitur itu dapat dikembangkan menjadi lebih baik.

Namun dalam perkara itu, DOJ sudah memberikan pernyataan resmi hari Kamis (13/2/2020). Menyatakan bahwa penggunaan coin mixing untuk mengaburkan transaksi adalah tindakan kriminal. Sedangkan berdasarkan pedoman cryptocurrency dari FinCEN tahun 2019 sudah memberikan pandangan lebih terperinci.

Pedoman FinCEN itu sudah memberikan pedoman lengkap terhadap ekosistem cryptocurrency. Mulai dari piranti lunak wallet cryptocurrency, provider multi-sig, varian cryptocurrency fitur privasi lebih, DEX (decentralized exchange), ICO, DAPPs, hingga ekosistem pertambangan cryptocurrency.

Lebih spesifik atas insiden coin mixing yang terjadi, pedoman FinCEN sudah memberikan pembatas yang jelas bahwa pengembang atau developer termasuk piranti lunak sebagai penyedia perangkat sebagai non kustodial. Tidak bukanlah menjadi obyek dalam pedoman tersebut.

Analisis Coin Center bisa jadi pelega dahaga. Analisisnya terkait dengan pedoman FinCEN yang menyebutkan hal varian cryptocurrency yang memberikan privasi tinggi seperti Zcash dan Monero. Kedua varian ini adalah varian cryptocurrency dengan segmentasi penyedia privasi lebih, atau disebut privacy coin.

Tepatnya pada Section 4.5.1 di pedoman FinCEN, menyatakan bahwa pengembang cryptocurrency atau set protokol yang telah dikembangkan bukan dianggap sebagai money transmitter. Dalam cryptocurrency, konsep Coin Join atau Coin Mixing, sudah menjadi pengembangan dalam meningkatkan privasi untuk cryptocurrency.

Beberapa varian cryptocurrency seperti Zcash dan Monero juga berangkat dari dasar pijakan yang sama. Hingga kemudian memunculkan metode-metode lain untuk meningkatkan privasi transaksi dalam sistemnya.

Sedangkan ada banyak pula pengembang yang menggunakan konsep Coin Mixing itu. Seperti halnya Coin Join, Wasabi Wallet, dan yang lainnya. Dalam pandangan Coin Center, penyedia piranti lunak ini bukanlah penyedia bertindak sebagai kustodial.

Secara lebih sederhana, dalam pedoman FinCEN menyebutkan, bahwa penyedia layanan dianggap sebagai money transmitter, sedangkan penyedia perangkatnya tidak dianggap sebagai money transmitter.