Apa Itu Privacy Coin Sebenarnya?

Privacy Coin banyak bermunculan di sekitar tahun 2014. Hal yang melandasi munculnya varian privacy coin adalah karena Bitcoin saat itu belum mampu memberikan privasi sepenuhnya untuk pengguna.

1
260
Apa Itu Privacy Coin

Kripto privasi penuh atau Privacy Coin ini adalah varian Altcoin yang secara khusus memiliki fitur privasi sebagai sasaran utama segmentasinya. Varian privacy coin, sengaja untuk mengedepankan metode bagaimana membuat transaksi yang dapat dilakukan tanpa bisa terlacak dan melindungi privasi penggunanya.

Seperti yang banyak diketahui, era dunia kripto yang diawali oleh Bitcoin memang tidaklah memberikan opsi privasi secara sepenuhnya. Semua transaksi yang tercatat di dalam blockchain, tersimpan dan dapat diakses oleh publik. Hal ini menjadikan transaksi tersebut dapat ditelusuri lebih jauh, dan berujung dapat diungkap identitas pemiliknya jika kesejarahan tersebut sudah terkait dengan sejumlah bursa kripto yang ada.

Atas dasar hal-hal tersebut, di tahun 2014 mulai bermunculan ide-ide dan inovasi terkait dengan privacy coin ini. Meski demikian, tentu saja hal ini dilalui dengan sekian banyak perdebatan. Perdebatan yang ada terutama menyangkut dengan privasi dan anonimitas yang acap kali diibaratkan sebagai sebilah pisau.

Yang paling mendasar, dunia kripto sudah banyak dilekatkan dengan citra negatif. Banyak orang menilai dunia kripto banyak digunakan untuk tindak melanggar hukum, baik untuk pencucian uang, pendanaan teroris, atau hal ilegal lainnya.

Secara khusus, Bitcoin sendiri tentu juga terus melakukan pengembangan untuk mengejar privasi tersebut. Tentu saja, privasi menjadi hal yang paling utama karena menyangkut dengan sisi keamanan untuk pengguna saat bertransaksi.

Meski sudah menyiapkan berbagai pengembangan untuk meningkatkan privasi, namun varian-varian privacy coin memang lebih agresif terutama memang karena segmentasi utamanya di ranah tersebut. Sampai sejauh ini, sudah ada sekitar 38 varian privacy coin yang telah ada. Berikut adalah list privacy coin tersebut:

  1. Dash
  2. Monero
  3. Zcash
  4. Bytecoin
  5. Verge
  6. PIVX
  7. ZCOIN
  8. ZenCash
  9. Particl
  10. DigitalNote
  11. ZIP
  12. NIX
  13. Apollo Currency
  14. ZClassic
  15. CloakCoin
  16. BulWark
  17. Aeon
  18. Phore
  19. Eximchain
  20. BitcoinZ
  21. Zero
  22. Ryo Currency
  23. Bridge Protocol
  24. Quantis Network
  25. Lobstex
  26. Anoncoin
  27. Spectrecoin
  28. Hush
  29. Wispr
  30. AceD
  31. PRiVCY
  32. Signatum
  33. Kurrent
  34. Dreamcoin
  35. Magnum
  36. CrypticCoin
  37. X12 Coin
  38. Noir
  39. Adenz