ddkoin
ddkoin
ddkoin

Hampir sebagian orang yang mengetahui tentang Bitcoin mungkin sudah mengerti bahwa total supply Bitcoin hanya sebesar 21 juta BTC. Namun tidak semua orang tersebut mengetahui bahwa sebenarnya jumlah itu tidaklah tepat 21 juta BTC seperti yang diketahui.

Alasan yang mendasari itu karena ada sebuah kejadian unik dan bersejarah terkait dengan total supply Bitcoin. Kejadian unik yang mempengaruhi jumlah supply Bitcoin tersebut terjadi di tahun 2011. Tepatnya pada tanggal 8 Juni 2011, seorang penambang dengan akun @midnightmagic di forum Bitcointalk berhasil menambang di block 124724.

Pada peristiwa itu, berlaku seperti pada umumnya. Reward block yang diperoleh penambang, ditentukan melalui “transaksi Coinbase. Namun yang menjadi tidak biasa, lantaran Midnightmagic pada transaksi coinbase untuk reward block tersebut menuliskan “arbitrary text” dengan mengurangi minus 1 Satoshi (-1 satoshi atau -0,00000001 BTC).

Jika anda belum mengetahui tentang transaksi coinbase, transaksi ini adalah transaksi khusus untuk pemberian reward pertambangan. Seseorang yang berhasil memperoleh block valid baru Bitcoin, bisa menuliskan teks sembarang pada transaksi tersebut.

Dalam kaitannya dengan block reward yang diperoleh, Midnightmagic ternyata menuliskan total rewardnya dengan mengurangi 1 satoshi. Pertama, kita perlu ketahui bahwa reward block dalam transaksi Coinbase tersebut adalah jumlah block reward yang berlaku saat itu + fee transaksi. Sementara total reward block saat itu masih sebesar 50 BTC di awal periode.

Posting Midnightmagic di forum bitcointalk
Posting Midnightmagic di forum bitcointalk

Artinya, dengan total 50 BTC yang diperoleh, karena dituliskan minus 1 Satoshi, maka hanya menjadi 49,99999999 BTC. Kejadian unik dan bersejarah itu kemudian diposting oleh Midnightmagic di forum Bitcointalk pada 8 Juni 2011.

Kejadian unik pada akhirnya menjadi insiden yang cukup bersejarah. Namun, perlu dipahami, bahwa sejak saat itu pula membuat total supply Bitcoin menjadi berantakan, untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Total Supply Bitcoin Menjadi Berantakan

Akibat insiden kejadian unik tersebut, untuk pertama kalinya membuat jumlah supply bitcoin menjadi berantakan. Total supply bitcoin yang sudah di hardcoded di dalam piranti lunak bitcoin core sejak awal adalah berjumlah 21 BTC tepat.

Namun, karena kejadian unik tersebut jugalah, akhirnya total supply bitcoin juga menjadi berkurang. Implikasinya tidak hanya berimbas pada jumlah supply saja. Melainkan berimbas pula pada mekanisme kalkulasi halving yang sebelumnya sudah bisa dikalkulasi secara tepat.

Setelah block 124724 itu, periode halving berikutnya yang terjadi juga menjadi berkurang minus 1 Satoshi. Kejadian unik dan bersejarah ini kemudian disebut dengan istilah “Miner Underpay”. Artinya penambang dengan sengaja mengurangi total reward yang didapatkan.

Bagaimana Kejadian Unik Miner Underpay Bisa Terjadi?

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa mekanisme reward block untuk penambang melaui transaksi coinbase. Pada mekanisme ini, penambang yang memperoleh block valid baru, bisa menambahkan arbitrary tekt pada script transaksi yang hendak dikirimkan ke dalam jaringan.

Pada peristiwa yang dilakukan oleh Midnightmagic saat itu, insiden ini memang dilakukan secara sengaja. Alasan yang disebutnya adalah untuk memberikan penghargaan kepada Satoshi Nakamoto , penemu bitcoin sejak ia mulai meninggalkan proyek Bitcoin di tahun 2010 saat itu.

Konsensus awal tentang reward block yang berlaku saat itu adalah sesuai dengan besaran nilai block reward. Namun konsensus yang ditetapkan saat peristiwa terjadi masih belum menentukan standar nilai minimumnya.

Oleh sebab itu jika penambang yang memperoleh block reward menuliskan arbitrary text dengan nilai yang lebih kecil dari ketentuan total block reward, akan dianggap valid. Namun, jika ditentukan nilai block reward melebihi total yang berlaku, akan dianggap tidak valid.

Peristiwa yang berlaku pada Midnightmagic, berlaku dengan cara mengurangi total block reward lebih kecil. Sehingga celah itu pada akhirnya juga tetap dianggap valid di dalam jaringan.

Salah satu opsi ke dua yang memungkinkan terjadi, adalah karena adanya kesalahan implementasi di versi bitcoin core berbeda. Hal ini juga pernah terjadi di tahun 2017 di block 501726.

Block 501726
Block 501726

Pada transaksi coinbase di block 501726 tersebut, dapat terlihat total input dan nilai output transaksi dengan nilai “0 BTC” yang sama. Artinya, karena kesalahan yang dibuat itu, penambang yang memperoleh block valid baru, menjadi tidak memperoleh reward block.

Kesalahan itu diketahui karena penambang yang bersangkutan gagal mengimplementasikan RSK. Kesalahan itupun akhirnya dibayar dengan dampak yang mahal. Penambang yang bersangkutan sama halnya telah menghancurkan reward block yang diperolehnya saat itu, senilai 12,5 BTC + fee transaksi.  Dengan kata lain, di block itu, penambang tidak mendapatkan apa-apa akibat kesalahan implementasi yang terjadi.