ddkoin
ddkoin
ddkoin

Menjadi penguasa mata uang dolar, siapa yang tidak tergiur. Game satu ini mewujudkan keinginan itu. Pengguna bisa bertindak menjadi Gubernur FED, dan menguasai peredaran mata uang fiat dolar. Bisa mencetak uang dengan mudah, mendapat keuntungan berlipat-lipat dari aktifitas itu.

Game berjudul “The FED” ini dibuat oleh Institute for Memetic Research & Development. Tentu saja, Insitut tersebut bukanlah seperti sebuah lembaga pendidikan pada umumnya. Melainkan sebuah proyek independen yang lebih spesifik untuk membuat “meme” yang lebih baik.

Mengapa “meme” menjadi sebuah hal yang penting? Terutama di masa saat ini?

Ketika pandemi virus Corona Covid 19 mulai merebak hampir ke seluruh penjuru dunia hingga Amerika Serikat, gejolak yang tampak selalu menunjukkan hal yang sama. Perihal ketakutan akan dampaknya terhadap perekonomian. Kritik yang banyak bermunculan menceritakan bagaimana ketakutan itu membuat sebagian besar pemimpin dunia bahkan lebih takut akan dampak perekonomian ketimbang nyawa manusianya, terlebih di Amerika Serikat.

Sebelum pandemi Covid 19 mulai menyebar pesat di Amerika, The FED sudah mengambil kebijakan yang sama. Seperti mengambil langkah untuk memangkas suku bunga dengan harapan memberikan dampak baik untuk perekonomian di AS.

Bedanya, kebijakan pemangkasan suku bunga tersebut adalah yang terendah sejak kebijakan yang sama pada 16 Januari lalu. Pengamat ekonomi seperti Alex Kruger, David Kostin dari Goldman Sachs berbeda pandang. Kebijakan itu dinilai sudah tidak akan mampu untuk menyelamatkan roda perekonomian AS.

Lalu berlanjut ketika wabah mulai meluas, kembali The Fed menggelontorkan dana melalui kebijakan Repo senilai trilyunan USD. Kritik pun mulai mengalir deras, seperti ciutan Bernie Sanders melalui akun twitternya 13 Maret lalu.

Selanjutnya pandemic lantas dinyatakan sebagai penyebab yang memungkinkan terjadinya krisis ekonomi global. Namun sejak munculnya berbagai kebijakan untuk memberikan stimulus perekonomian oleh The FED, sudah memicu munculnya berbagai meme di media sosial.

Salah satu meme yang populer berjudul “Money printer go BRRR” (gambar: memetic.institute)

Salah satu meme yang paling banyak beredar adalah meme berjudul “Money printer go BRRR”.Meme tersebut adalah meme yang juga dibuat dari memetic.institut. Meme menjadi sebuah kritik sosial menanggapi situasi yang terjadi saat itu.

Meme Dan Kritik Sosial

Meme adalah istilah yang pertama kali muncul dari Richard Dawkins. Sosok Richard Dawkins ini adalah seorang ahli biologi asal Inggris dari Universitas Oxford. Meme sebenarnya lahir dan erat berhubungan dengan dunia sains atau ilmu pengetahuan.

Secara umum orang banyak menilai meme lahir karena terpengaruh dengan perkembangan teknologi. Alasan yang paling banyak muncul ketika menilai meme mulai banyak muncul di era sosial media, dunia blog, internet. Namun sebenarnya istilah itu sudah pertama kali muncul dari Richard Dawkins melalui buku yang ditulis berjudul The Selfish Gene pada tahun 1976.

Di buku itu, Dawkins sudah menggunakan istilah “meme” untuk menggambarkan trend dan perilaku masyarakat yang menjadi populer. Meski demikian, sosial media memang menjadi salah satu media yang paling efektif untuk menyebarkan meme.

Namun menurut Dawkins sendiri, meme adalah representasi ide, perilaku, dengan menyajikan gaya yang unik. Dalam hal ini, meme juga berperan menjadi sebuah ide dan kritik sosial atas berbagai peristiwa kehidupan, baik dalam aspek sosial dan politik.

Game The FED

Permainan The FED dari memetic.istitute ini sama menjadi sebuah kritik sosial kepada The FED. Pasalnya The FED adalah pihak yang paling berkuasa atas penciptaan mata uang dolar tanpa batas. Berbeda dari meme “Money printer go BRRR”, di versi permainan ini berupaya agar orang bisa membayangkan bagaimana The FED menjalankan fungsinya.

Versi permainan mungkin dipandang akan lebih menarik. Cara menggunakan game ini juga cukup mudah. Pemain hanya perlu memainkan game ini langsung di halaman Aplikasi The FED. Selanjutnya pengguna perlu mamasukkan nama.

game the fed
Tentukan nama dan lengkapi kolom

Nama pengguna ini selanjutnya akan menjadi nama pejabat Gubernur The FED. Tentu saja, pengguna bisa menggunakan nama apapun juga sekehendaknya. Dilanjutkan dengan melengkapi beberapa hal di kolom yang sama tersebut. Ada beberapa istilah yang mungkin perlu dipelajari pada isian kolom tersebut:

Insider Trading adalah praktek illegal dalam dunia investasi. Dalam hal ini, investor tertentu umumnya akan mendapat informasi terlebih dahulu terkait dengan potensi keuntungan yang bisa didapatkan dalam transaksi jual beli saham. Sementara informasi penting itu berasal dari “pihak internal” bersangkutan. Sedangkan isian pada game ini, pemain hanya perlu untuk memasukkan nominal keuntungan dari praktek insider trading tersebut.

Embezzlement umumnya dimaknai sebagai tindak penggelapan atau pencurian aset baik seperti uang ataupun harta benda lain. Emblezzlement ini pada dasarnya merupakan tindakan kecurangan untuk menggelapkan hak milik orang lain untuk kepentingan pribadi. Salah satu cara yang bisa digunakan melalui memberikan pelaporan keuangan fiktif, melakukan penggelembungan biaya operasional dan lain-lain. Pada game ini, pemain hanya perlu untuk menuliskan nominal keuntungan dari Embezzlement tersebut.

Bribery adalah makna yang sama seperti halnya melakukan penyuapan. Terkait dengan game ini, nominal itu hanya perlu dituliskan saja.

Tax Evasion adalah menghindar dari pemungutan pajak. Umumnya tindakan ini dilakukan untuk mengurangi nilai beban pajak dengan cara-cara yang bertentangan dengan aturan. Upaya tax evasion ini dilakukan untk menghindari pembayaran pajak secara ilegal dengan melaporkan nilai penghasilan fiktif.

Game The Fed
Game The Fed

gambar Setelah itu, anda sudah diterima menjadi Gubernur The FED. Selanjutnya, pemain juga sudah bisa mulai untuk mencetak uang sebanyak-banyaknya. Tanpa Batas.