Terdapat hampir 80.000 BTC di satu address Bitcoin yang sampai saat ini tidak bergerak sejak 2011. Satu Address Bitcoin tersebut kabarnya merupakan salah satu dari enam address yang digunakan saat insiden peretasan MTGox tahun 2011.

Jumlah total bitcoin di address itu hampir mencapai 80.000 BTC. Tepatnya ada sebesar 79.957,20155088 BTC di address bitcoin tersebut. Dengan nilai Setara dengan USD 782.988.092, (kurang lebih 782,9 juta dolar AS). Jika dirupiahkan dengan kurs saat tulisan ini dibuat bernilai sekitar Rp. 10,6 trilyun lebih.

Padahal pada tahun 2011 silam, total kerugian yang sempat ditaksir hampir mencapai 25.000 BTC dengan nilai sebesar USD 8,75 juta (berdasarkan harga Bitcoin saat itu). Setara dengan Rp.122,69 milyar. Total kerugian itu mungkin jadi tidak sesuai dengan besaran jumlah BTC pada address bitcoin yang dianggap terkait dengan MTGox. Keseluruhan 20.000 BTC itu dicuri dari 468 akun pengguna MTGox.

Namun pendekatan yang paling sesuai adalah seperti yang pernah diberitakan Arstechnica (6/20/11). Disebutkan bahwa pada saat itu penyerang memanfaatkan akun admin MTGox. Dengan cara itu penyerang lantas berupaya untuk dumping harga BTC di bursa MTGox.

address bitcoin 1FeexV6bAHb8ybZjqQMjJrcCrHGW9sb6uF
address bitcoin 1FeexV6bAHb8ybZjqQMjJrcCrHGW9sb6uF, yang diduga terkait MTGox dengan nllai hampir 80.000 BTC

Ketika harga BTC jatuh, penyerang lalu berbondong-bondong ke kota hanya untuk memborong bitcoin (BTC) dalam jumlah yang besar. Informasi itu diposting kembali di forum reddit dua pekan lalu. Menyebutkan bahwa address bitcoin 1FeexV6bAHb8ybZjqQMjJrcCrHGW9sb6uF adalah address ke enam yang terkait dengan insiden MTGox tahun 2011 silam, seperti yang dilansir dari Decrypt (17/2/2020).

Dalam posting Reddit tersebut juga menyebut ada dugaan bahwa Jed McCaleb. Pasalnya Jed McCaleb ini adalah pengembang asli MTGox dan kemudian dijual kepada Mark Karpeles. McCaleb kemudian berada di balik proyek Ripple (XRP) sebagai CTO sampai tahun 2013.

Posting Reddit yang memuat dugaan Mark Karpeles bahwa Jed McCaleb terlibat dalam kasus peretasan MTGox

Dugaan yang disebutkan dalam posting reddit itu juga didukung dengan screenshot potongan riwayat chat antara Jed McCaleb dengan Mark Karpeles. Potongan pembicaraan tersebut sempat tersebar saat insiden terjadi.

Nampaknya, posting di reddit itu berasal dari ciutan yang pernah dibuat Jameson Lopp pada bulan November 2019. Jameson Lopp saat itu juga menciutkan perihal yang sama. Tentang satu address yang diduga menjadi salah satu dari 6 address bitcoin di kasus peretasan MTGox.

Hanya saja, ciutan Lopp bulan November 2019 terkesan memotong screenshot pembicaraan tersebut. Mungkin karena masih dianggap sebagai asumsi, meski dengan korelasi yang kuat. Di posting Reddit terpisah, memuat bahwa pembicaraan Karpeles yang dimaksud sudah masuk menjadi dokumen persidangan.

Rekam pembicaraan Mark Karpeles
Dokumen persidangan kasus MTGox yang memuat rekam chat pembicaraan Mark Karpeles

Nampak dalam rekaman pembicaraan itu, dugaan keterlibatan McCaleb seperti yang dituliskan dalam postingan Reddit memang cukup beralasan kuat. Dua tahun lalu, Mark Karpeles juga memposting hal yang sama di Reddit. Bahwa pada address 1FeexV6bAHb8ybZjqQMjJrcCrHGW9sb6uF adalah salah satu address dari sekian banyak address bitcoin yang digunakan penyerang. Namun kemudian posting itu dihapus.

Hampir 80.000 BTC di Address Bitcoin 1FeexV6bAHb8ybZjqQMjJrcCrHGW9sb6uF Tidak Bergerak

Menjadi perhatian lebih, karena pada akhirnya address bitcoin 1FeexV6bAHb8ybZjqQMjJrcCrHGW9sb6uF ini memang bahkan menjadi mati gaya sendiri. Pemilik address tersebut tidak bisa bergerak. Sulit untuk mencari jalan bagaimana mentransaksikan itu.

Bagaimana tidak. Tentunya akanada banyak pasang mata yang terus akan mengawasi perpindahaan BTC dari address-address bernilai besar. Apalagi jika sudah banyak tersiar kabar bahwa address bersangkutan terlibat dalam kasus fenomenal MTGox. Kurang lebih, nilai hampir 80.000 BTC itu berdiam diri selama lebih dari 9 tahun.

Memberikan komentar di Decrypt, analis dari Chanalysis. Maddie Kennedy menyebutkan pihaknya sudah menandai address tersebut.

“Kami telah menandai address tersebut di produk kami sebagai dana hasil pencurian. Jika dana itu dikirim ke bursa, pihak bursa sudah menganggap cukup beresiko tinggi. Sehingga sulit bagi mereka untuk dapat mencairkan dana itu”,  terang Kennedy kepada Decript.

Apa yang terjadi dalam sudut pandang seorang penyerang, situasi yang ada saat ini mungkin saja telah meleset dari yang diperkirakan. Kenyataannya cukup suilt untuk dapat mencairkan dana hasil pencurian, jika cukup banyak mata yang mengawasi pergerakan address itu.

“Bagai makan buah simalakama”. Lantas apa gunanya seluruh daya upaya penyerangan yang telah dilakukan. Jika selama bertahun-tahun untuk sekedar memindah address saja sudah bakal menarik perhatian banyak orang.