Sudah cukup banyak varian perangkat lightning node yang telah muncul. Salah satunya adalah Raspiblitz. Berbeda dengan kebanyakan perangkat lightning node, Raspiblitz ini adalah code open source yang dimanfaatkan pengguna untuk membuat sendiri perangkat node lightning network.

Baru-baru ini, pengembang Raspiblitz merilis pembaruan di versi 1.4. Di versi ini memuat cukup banyak pembaruan yang menarik. Seperti penambahan fitur dengan integerasi BTCPayServer, LND versi 0.9.0 beta dengan bitcoin core versi 19.0.1 beta, TORv3 dan banyak yang lain.

Jika dibandingan dengan build mandiri melalui LND, mungkin akan dirasa cukup rumit. Pemanfaatan piranti keras dari Rapsberry yang mungil, menjadi kian menarik. Terutama jika sudah ada framework yang tersedia untuk membangun node lightning network melalui Raspiblitz.

Singkat kata, pengguna memang banyak dibantu guna mempermudah integerasi dan adopsi jaringan petir Bitcoin. Saat tulisan ini dibuat, setidaknya sudah ada 5180 node dengan 32.387 channel payment yang sudah dibuat. Kapasitas transaksinya mencapai 891,16 BTC. Di tahun penghujung tahun 2018 silam, kapasitas transaksi ini masih sekitar 500 BTC. Jumlah kapasitas itu naik sekitar 56% lebih dibandingkan dengan tahun 2018.

Salah satu tambahan fitur di versi Raspiblitz baru, menggunakan BTRFS. Fitur ini memungkinkan untuk menyimpan file system menjadi bagian tersendiri. Artinya, database node lightning network juga dapat disimpan pada perangkat harddrive berbeda.

Beberapa fitur tambahan lain yang tidak kalah menarik adalah integerasi server Electrum menggunakan ElectRS. Server electrum ini dibangun menggunakan Rush. Electrum memungkinkan pengguna untuk menjalankan server sendiri.

Di versi yang baru, Raspiblitz juga dilengkapi pembaruan untuk proses import maupun eksport data melalui proses Migrasi. Dukungan yang ramah pengguna juga dilakukan dengan menggunakan touchscreen UI. Singkat kata, jika pengguna masih enggan untuk membeli perangkat node lightning network, bisa mencoba membuat sendiri memanfaatkan code dari Raspiblitz.