ddkoin
ddkoin
ddkoin

Bermain kartu remi bitcoin sambil belajar, tentu cukup menarik. Sudah ada cukup banyak kartu remi Bitcoin yang telah diproduksi dan dipasarkan. Di sebagian besarnya memiliki fungsi untuk bermain kartu remi pada umumnya, ada pula yang diselipkan puzzle, atau teka-teki khusus terkait Bitcoin.

Salah satu contoh kartu remi bitcoin ini seperti yang diposting oleh Katie Ananina melalui akun twitterny.

Pada jenis kartu seperti ini, berupa setumpuk kartu remi bitcoin dengan penjelasan hal-hal yang terkait dengan infrastruktur teknologi yang dipergunakan Bitcoin. Seperti penjelasan tentang RSA, SHA family, bitcoin wallet, dan hal-hal lainnya.

Dengan kartu-kartu remi bitcoin seperti itu, tentu saja penggunanya tidak hanya akan bermain game kartu saja. Pengguna juga dapat mempelajari hal-hal yang terkait dengan Bitcoin dengan cara yang lebih menarik, sambil bermain. Dapat dilihat dari ciutan Katie Ananina tersebut, sudah cukup banyak menarik perhatian.

Kartu remi bitcoin dari Crypto Chaos Cards
Kartu remi bitcoin dari Crypto Chaos Cards

Sejumlah produsen kartu remi Bitcoin seperti yang diproduksi oleh Playcryptocards atau juga Crypto Chaos Cards.Satu set kartu produksi Playcryptocards ini tidak hanya tentang bitcoin saja, namun juga tersedia untuk varian kripto alternatif selain bitcoin.

Ada juga yang kartu remi bitcoin dengan menyelipkan puzzle khusus, seperti kartu remi bitcoin bikinan dari IPO52 di tahun 2018 silam. Awalnya puzzle ini merupakan sebuah proyek khusus penggalangan modal untuk proyek permainan kartu bitcoin bernama “Bitcoin Puzzle Playing Cards”.

Set kartu remi Bitcoin dari Bitcoin Puzzle Playing Cards
Set kartu remi Bitcoin dari Bitcoin Puzzle Playing Cards dengan box

Proyek permainan kartu remi bitcoin itu digagas oleh Patrick Kun bersama dengan Andrei Jikh. Lebih jauh, untuk mendesain puzzle di dalam kartu remi bitcoin tersebut, melibatkan Oskar Van Deventer, pemegang rekor Guiness World Record untuk Rubric Cube.

Desain kartu yang dihasilkan cukup fantastis. Dicetak dengan cukup indah, ada motif timbul, dengan warna yang cukup variatif. Secara umum, orang akan melihat desain kartu remi bitcoin ini cukup mewah.

Satu set kartu remi bitcoin dari Bitcoin Puzzle Playing Card ini awalnya di jual seharga USD 15 – 25 per set. Ada dua jenis warna yang tersedia, hitam dan putih.

Dan yang paling menarik, di setiap belakang kartu, terdiri dari beberapa bagian yang diselipkan secara rahasia. Dan salah satunya adalah code khusus untuk membaca nomor dan jenis kartu hanya yang dapat diketahui hanya dari belakang kartu saja.

Bagian belakang Bitcoin Puzzle Playing Cards
Bagian belakang Bitcoin Puzzle Playing Cards

Dari gambar di atas, beberapa bagian tersembunyi di setiap bagian belakang kartu menjelaskan:

A: Tulisan dalam bahasa latin Fortis Est Veritas yang artinya “kebenaran itu kuat”.
B: Menunjukkan jumlah supply Bitcoin 21 juta BTC dalam format biner.
C: Simbol alat pertambangan, menggambarkan ekosistem pertambangan Bitcoin.
D: Menunjukkan infrastruktur pertambangan bitcoin yang menggunakan algoritma SHA 256.
E: Menunjukkan tahun 2008 dalam bahasa romawi (MMVIII). Tahun 2008 tersebut saat Satoshi Nakamoto memperkenalkan Bitcoin pertama kali.
F: Menunjukkan simbol sebuah “Block”, dalam cara kerja bitcoin block mrepresentasikan pengelompokan data transaksi yang di simpan di dalam blockchain.
G: Dua simbol kode yang dapat menerangkan nomor dan jenis kartu. Pengguna dapat mempelajari cara termudah untuk mengetahui kartu itu hanya dari sampul belakang kartunya saja.