Perusahaan bursa efek besar di Jerman, Deuthsche Borse AG resmi memasukkan Bitcoin untuk bisa diperdagangkan di XETRA. Perdagangan bitcoin berjangka tersebut bakal mulai berjalan di XETRA akhir bulan ini.

Rilis pemberitahuan tersebut dikabarkan secara resmi sehari kemarin (9/6/2020). Produk Bitcoin berjangka yang diperdagangkan adalah BTCE (Bitcoin Exchange Traded Crypto) dari ETC Group. Pihak Deuthsche Borse menyebut bahwa produk BTCE itu adalah salah satu produk ETC perdana yang bakal mulai diperdagangkan resmi.

BTCE dari ETC Group yang diperdagangkan di XETRA ternyata juga didukung 100% secara fisik. Hal ini berarti permintaan yang ada juga akan berpengaruh pada pasar secara riil. Artinya setiap unit BTCE yang sudah dibeli oleh investor adalah benar-benar didukung juga dengan unit Bitcoin dengan nilai yang sama.

Opsi perdagangan BTCE yang ditawarkan itu lebih mirip seperti memperdagangkan komoditas emas yang juga didukung sepenuhnya dengan emas fisik. Cara ini kemudian diambil dan diterapkan untuk bisa memperdagangkan Bitcoin. ETC Group sendiri pada BTCE juga memberikan jaminan atas harga Bitcoin yang diperdagangkan secara lebih aman dan transparan.

Dalam sisi investor, dinilai lebih menguntungkan dibandingkan berinvestasi Bitcoin secara langsung. Alasannya karena melalui bursa XETRA nantinya ETC itu bisa diperdagangkan seperti halnya saham konvensional atau ETP.

Sementara untuk kliring yang ditawarkan menggunakan fitur kliring CCP agar investor lebih aman. Fitur tersebut meminimalisir resiko saat memperdagangkan BTCE. Kabar resmi yang disebutkan bahwa inisiatif perdagangan Bitcoin di Deuthsche Borse sudah mendapatkan lampu hijau dari BaFin.

Tidak hanya itu, Deuthsche Borse juga menyebut bahwa BTCE juga akan diperdagangkan di salah satu jaringan bursa besar di Eropa yang terakreditasi AP (Authorised Participants). Sedangkan XETRA akan berperan menjadi sentral perdagangan yang dilakukan.

BTCE

BaFin sendiri sebagai regulator di Jerman sudah menilai bahwa cryptocurrency sebagai instrument keuangan riil. Hal ini sudah dinyatakan secara resmi tertanggal 2 Maret 2020 yang lalu. Inisitaif itu dianggap sebagai langkah yang cukup signifikan. Mengakui cryptocurrency sebagai instrument keuangan.

CEO ETC Group, Bradley Duke memberikan komentar:

BTCE memberikan transparansi dan perlindungan investor yang diperlukan regulator maupun investor untuk dunia bitcoin. Sektor cryptocurrency telah tertahan soal kekhawatiran atas kompleksitas, aksesibilitas, dan juga tata kelola. Dengan BTCE, kami transformasikan bitcoin ke arut utama perdagangan resmi. Investor bisa mendapatkan manfaat dari perdagangan dan kepemilikan bitcoin melalui sekuritas resmi.

Dengan akses melalui platform XETRA, perdagangan BTCE nantinya dapat dibeli investor melalui berbagai broker maupun perbankan manapun yang sudah terintegerasi di XETRA. Satu hal lagi yang paling menarik dari inisiatif ini lantaran BTCE juga akan bisa diperdagangkan tidak hanya di Jerman saja, melainkan juga di Inggris, Italia, sampai Australia.