Pandemi Covid 19 memberikan dampak yang signifikan ke banyak sektor, seperti pada sektor kesehatan dan juga ekonomi dunia, tidak terkecuali Indonesia. Berbagai upaya dan kebijakan diterapkan pemerintah Indonesia untuk menanggulangi dampak pandemi ini. Salah satunya adalah pembatasan sosial dan himbauan untuk tetap di rumah diberlakukan dengan harapan dapat membantu menekan penambahan kasus aktif.
Seperti saat ini, kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terus mengalami perpanjangan memberikan dampak besar bagi banyak pihak, salah satunya bagi para pelaku bisnis. Menurut data survei yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak yang dilakukan pada 21 Juli hingga 7 Agustus 2021 lalu, menunjukan bahwa 86% dari 12.800 responden menyatakan penurunan omzet selama pandemi ini. Meskipun begitu, perlu ada cara untuk bertahan dan mengoptimalkan strategi bisnis. Pemanfaatan inovasi digital, misalnya, menjadi solusi dalam melakukan pengembangan bisnis. Hal ini sekaligus menjadi momentum berkembangnya ekonomi digital dan kreatif.
Sebut saja upps.me, sebuah perusahaan berbasis teknologi blockchain pertama di Indonesia yang bergerak dalam program loyalitas pelanggan.
“Dalam perekonomian saat ini, peranan teknologi dan inovasi sudah tidak bisa diabaikan, teknologi blockchain dengan Inovasi yang tepat dan dukungan bisnis model yang real menjadikan upps.me platform loyalitas berbasis blockchain pertama di Indonesia. Program loyalitas pelanggan sangat dicari sebagai salah satu elemen dalam kebertahanan sebuah bisnis,” kata Sunil Tolani, Founder Calibreworks.com, Startup Mentor Indigo Incubator by Telkom Indonesia.
Biasanya saat pelanggan melakukan transaksi pembelian online, pelanggan akan mendapatkan poin-poin yang dapat dikumpulkan dan bisa ditukarkan ke berbagai hadiah yang tersedia. Program loyalitas serupa dapat dirasakan pelanggan melalui UppsMe Point yang memberikan poin kepada pengguna setelah melakukan transaksi produk digital di aplikasi UppsMe.
UppsMe juga menawarkan berbagai layanan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan digital masyarakat Indonesia, seperti layanan PPOB (Payment Point Online Bank), pulsa, paket data internet, serta top up E-money.
Selain itu, dalam waktu dekat UppsMe akan segera menghadirkan sebuah fitur berbelanja voucher, dimana pelanggan dapat membeli ataupun menukar voucher diskon dari banyak merchant menggunakan UppsMe Point. Untuk itu UppsMe membuka peluang kerjasama dengan pelaku usaha berbagai sektor seperti kuliner, pariwisata, permainan, teknologi dll untuk dapat memanfaatkan platform UppsMe guna memberikan program loyalti kepada pelanggan setia. Ditengah tantangan pandemi saat ini, strategi untuk memberikan penghargaan loyalitas kepada pelanggan akan mampu meningkatkan volume penjualan. Kolaborasi merupakan cara UppsMe untuk memberikan solusi bagi para pelaku usaha agar tetap terus stabil mengembangkan bisnis.
M, Ghifari Ismail, CEO UppsMe, menyampaikan “UppsMe Point lebih dari sekedar program namun juga semangat bersinergi dari rekan merchant kepada para pelanggan setianya, melalui platform UppsMe kami berharap akan banyak bisnis yang mendapatkan pelanggan baru dan penjualan semakin banyak” Sebagai harapan untuk masa depan UppsMe nantinya.
Tidak hanya itu, dalam waktu dekat UppsMe akan mengeluarkan sebuah produk digital lainnya, yaitu UppsMe (UPPS) Token. UPPS Token adalah aset digital yang dapat diperdagangkan dalam media exchange. Utilitas dari UPPS Token tidak hanya itu saja. UPPS Token dapat digunakan untuk mengakses layanan UppsMe lainnya. Pelanggan hanya perlu mengconvert atau menukar UPPS Token tersebut ke UppsMe Point.
UPPS Token telah resmi terdaftar dan dapat ditradingkan di ProBit, sebuah media exchange global yang berbasis di Korea. UppsMe berharap bahwa melalui hal ini, pasar korea dapat mengenal UppsMe dan ekosistemnya.
Dalam menyambut peluncuran UPPS Token tersebut, UppsMe membuat sebuah kampanye airdrop UPPS Token. Kampanye berbentuk kompetisi ini menawarkan hadiah hingga ratusan UPPS Token. Partisipan hanya perlu melakukan beberapa tugas seperti mengikuti media sosial UppsMe, membuat artikel ataupun membuat video pendek mengenai UppsMe. Kompetisi Airdrop ini diselenggarakan mulai dari 9 Agustus 2021 – 31 Agustus 2021. UppsMe, Unlimited Potential & Profit Solution for Me.