29 Web Hosting Ini Terima Bitcoin

Ada cukup banyak penyedia layanan web hosting yang sudah menerima pembayaran menggunakan Bitcoin. Perluasan opsi pembayaran ini artinya juga memperluas segmentasi pasar. Bitcoin dengan kapabilitasnya sebagai lat pembayaran, bagi praktisi teknologi terutama penyedia jasa web hosting jelas memberikan banyak kemudahan tersendiri.

0
232
29 Web Hosting Ini Terima Bitcoin
ddkoin
ddkoin
ddkoin

Bingung memilih penyedia layanan web hosting yang terima bitcoin? Tidak perlu bingung. Sebenarnya ada cukup banyak penyedia layanan web hosting yang sudah menerima bitcoin untuk alat pembayarannya.

Hanya saja, kesempatan kali ini yang berhasil dirangkum BitcoinMedia.id terdapat 29 web hosting. Keseluruhan 29 web hosting tersebut diklasifikasikan berdasarkan jenis masing-masing jenis layanan yang ada.

1. Apa itu Web Hosting?

Tentu saja tidak semua pembaca sudah mengetahui apa yang disebut dengan Web Hosting sebenarnya. Jadi tidak ada salahnya untuk memberikan ulasan yang lebih rinci dimulai dari awal.

Web Hosting adalah penyedia layanan online untuk mengkoneksikan sebuah situs atau website maupun aplikasi web ke internet. Sehingga baik website atau situs dan aplikasi itu bisa diakses secara online. Karena penyedia layanan ini umumnya adalah sebuah penjual saja, tentu saja ada biaya yang dikenakan untuk memperoleh jasa tersebut.

Cara kerja web hosting (gambar: znetlive.com)

Sebagai seorang pemakai jasa terkait dengan web hosting, sama artinya anda akan berlaku sebagai penyewa ruang penyimpanan data server milik penyedia jasa itu. Besaran tempat, kapasitas data itu selanjutnya dapat digunakan oleh penyewa untuk menyimpan segala macam data atau file yang dibutuhkan sebuah situs atau website agar bisa beroperasi sepenuhnya.

Kewajiban penyedia jasa web hosting, tentu saja akan bertanggung jawab pada penanganan server. Tujuannya agar komputer  yang dijalankan tidak mengalami gangguan apapun. Tetap aktif dan bisa berjalan normal. Sehingga website penyewa jasa bisa diakses oleh siapapun dan pada waktu kapanpun juga.

2. Jenis Web Hosting

Ada beberapa jenis web hosting yang diklasifikasikan berdasarkan jenis layanan yang diberikan kepada konsumen. Tentu saja, kebutuhan konsumen juga akan berbeda-beda. Semakin besar fitur dan opsi layanan yang diberikan, membutuhkan biaya operasional yang lebih besar. Sehingga tarif layanan tersebut juga akan berbeda-beda berdasarkan jenis web hosting tersebut.

Secara umum, jenis web hosting diklasifikasikan menjadi 5:

  • Shared Web Hosting
  • Dedicated Web Hosting
  • VPS Web Hosting
  • Cloud Web Hosting
  • Web Hosting Anonim

2.1. Shared Web Hosting

Di jenis Shared Web Hosting ini, paling banyak digunakan. Menjadi paling banyak digunakan lantaran harga sewa web hosting jenis ini cukup murah. Sesuai dan menjangkau kalangan umum. Terlebih untuk pemula yang ingin membuat sebuah website dengan mudah.

Perlu diketahui bahwa jenis Shared Web Hosting ini artinya penyewa akan berbagi resource server yang sama dengan para penyewa lainnya. Artinya server hosting tersebut digunakan secara bersama-sama dengan konsumen lain.

Sehingga selain kelebihan harganya yang murah, ada juga beberapa kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Shared Web Hosting:

2.1.1. Kelebihan dan Kekurangan

KelebihanKekurangan
MurahFitur konfigurasi minim
Mudah digunakanTidak untuk website dengan traffic tinggi
Pre-configured serverKapasitas ruang dan bandwith umumnya terbatas
Control Panel yang user friendly 
Maintenance oleh penyedia server 

2.2. Dedicated Web Hosting

Jenis Dedicated Web Hosting ini, anda sebagai konsumen atau klien diumpamakan menyewa sebuah server fisik yang hanya digunakan untuk situs milik anda saja. Tidak untuk situs orang lain. Dedicated web hosting adalah layanan hosting yang cukup fleksibel. Terlebih lagi konsumen bisa menentukan konfigurasi sendiri.

Mulai dari sistem operasi yang digunakan, softrawe yang ingin dipakai, maupun pengaturan hosting yang sesuai. Ibaratnya, konsumen sama seperti menyewa sebuah server sendiri, namun berupa dedicated server. Konsumen juga nantinya akan dibantu oleh customer support dari pihak penyedia jasa terkait hal-hal yang belum diketahui ataupun ingin ditanyakan.

2.2.1. Kelebihan dan Kekurangan

KelebihanKekurangan
Akses penuh konfigurasi serverMahal
Tidak berbagi resourceHarus Mengetahui manajemen server
Akses root server 
Keamanan lebih terjamin 
Fitur lebih banyak 

2.3. VPS Web Hosting

Web Hosting dengan VPS (Virtual Private Server) sama artinya anda masih berbagi server dengan pengguna lainnya. Namun pihak penyedia web hosting sudah mengalokasikan sebagian untuk konsumen atau anda sebagai pihak penyewa jasa.

Sehingga, konsumen nantinya akan mendapatkan space server berkarakter dedicated server, serta memperoleh sejumlah power computing maupun memory. Banyak pihak dan pemakai jasa ini menilai jenis VPS web hosting menjadi pilihan yang tepat. Terutama untuk tipikal website dengan traffic yang tinggi.

2.3.1. Kelebihan dan Kekurangan

KelebihanKekurangan
Dedicated space serverLebih mahal ketimbang Shared Hosting
Cocok untuk traffic besarMenguasai teknis manajeman server
Akses root server 
Scalability mudah 
Bisa dikelola sendiri 

2.4. Cloud Web Hosting

Jenis Cloud Web Hosting banyak digemari. Cloud Web Hosting ini banyak digunakan lantaran memiliki kapabilitas yang mampu meminimalisir downtime. Menggunakan jasa web hosting Cloud, artinya konsumen seperti menggunakan sekelompok server secara bersama-sama.

Sedangkan untuk resource yang digunakan dapat direplikasi di tiap-tiap server. Ketika ada salah satu server cloud yang mengalami masalah, maka traffic situs dapat dirubah atau di-route ke server lainnya. Sehingga tidak berdampak pada pengunjung situs.

2.4.1. Kelebihan dan Kekurangan

KelebihanKekurangan
Minim downtimeBiaya sesuai dengan penggunakan
Tidak mempengaruhi situs jika ada error serverAkses root dapat tersedia ataupun tidak
Alokasi resource bisa disesuaikan 
Pay as you go 
Lebih bisa menyesuaikan dibandingkan VPS 

2.5. Web Hosting Anonim

Web Hosting Anonim  ini adalah salah satu jenis web hosting yang memberikan privasi kepada konsumen. Privasi tersebut terutama terkait dengan data diri atau informasi pribadi konsumen pemilik sebuah website atau situs.

Jasa web hosting dengan fitur privasi ini bermaksud memberikan perlindungan terhadap informasi data pengguna demi keamanan, keselamatan konsumen. Atas berbagai informasi yang nantinya disajikan melalui website tersebut.

Bisa dikatakan, akan muncul pro dan kontra terkait dengan penggunaan web hosting anonim. Namun dalam perspektif konsumen, siapapun juga berhak untuk memperoleh perlindungan data pribadinya. Sementara secara umum memang penyedia layanan hosting banyak meminta data diri konsumen. Sementara jenis web hosting jenis ini tidak membutuhkan detail data diri konsumen tersebut.

2.5.1. Kelebihan dan Kekurangan

KelebihanKekurangan
Privasi dijagaUmumnya bisa lebih mahal
Sesuai kebutuhan jenis web hostingTidak perlu persyaratan ribet
 Layanan sulit diandalkan

2.6. Perbandingan Web Hosting

Untuk lebih mudah memberikan gambaran awal antara masing-masing penyedia jasa web hosting yang dihimpun disini, berikut adalah perbandingannya:

NamaJenisTarifSelain Bitcoin*Payment Lain**
HostwindsShared$6.99 – $10.99/blnTidakYa
HostingerShared$7.99 – $15.95/blnTidakYa
Hawk HostShared$2.99 – $7.99/blnYaYa
NamecheapShared$2.88 – $8.88/bln (1thn pertama)YaYa
HostSailorShared$0.95 – $9.45/blnYaYa
VultrDedicated$120/mo or $0.179/jamYaYa
Bitcoin Web HostingDedicated$139 – $429/blnYaTidak
NamecheapDedicated$78.88 – $188.88/blnYaYa
HosterboxDedicated$129.95 – $325.95/blnTidakYa
BullhostDedicated$110 – $350/blnTidakYa
ShinjiruVirtual$12.90 – $48.90/blnYaYa
HostingerVirtual$8.95 – $29.95/blnTidakYa
Hawk HostVirtual$18 – $58.50/blnYaYa
RamNodeVirtual$3 – $96/blnYaYa
HostSailorVirtual$1.99 – $35.99/blnYaYa
LinodeCloud$5 – $960/bln atau $0.0075 – $1.44/jamTidakYa
DigitalOceanCloud$5 – $1200/bln atau $0.007 – $1.786/jamYaYa
VultrCloud$2.50 – $640/bln atau $0.004 – $0.952/jamYaYa
HostwindsCloud$38.99 – $328.99/bln atau $0.0542 – $0.457/jamTidakYa
Glow HostCloud$75 – $175/blnTidakYa
IT ItchAnonimN/ATidakTidak
CyberBunkerAnonimN/ATidakYa
MivoCloudAnonimN/ATidakYa
ShinjiruAnonimN/AYaYa
Vindo HostingAnonimN/AYaYa
Keterangan: *: Pembayaran cryptocurrency selain Bitcoin. **:  Opsi pembayaran selain cryptocurrency

3. Shared Web Hosting

3.1. Hostwinds

Hostwinds ini bisa menjadi pilihan layanan shared web hosting yang anda butuhkan. Layanan yang diberikan cukup sederhana dan mudah untuk digunakan pengguna. Bahkan meski pengguna tidak memiliki pengetahuan teknis terkait web hosting.

hostwinds web hosting

Tentu saja, layanan di sini sudah menerima pembayaran dengan menggunakan Bitcoin. Perusahaan web hosting dari HostWinds ini sudah beroperasi sejak tahun 2010 silam. Selain layanan shared web hosting, juga menyediakan beberapa jenis web hosting. Seperti reseller hosting, bisnis, dengan beragam sistem operasi. Mulai dari Windows, Linux dan lainnya.

3.2. Hostinger

Layanan Shared Web Hosting di Hostinger mungkin dinilai sedikit lebih mahal ketimbang kebanyakan penyedia layanan web hosting lainnya. Namun, biaya itu akan dibayar dengan suguhan pelayanan yang sesuai. Hostinger ini sudah menjalankan perusahaan jasa web hostingnya sejak tahun 2004.

hostinger web hosting

Perusahaan ini berkantor pusat di Kaunas, Lithuania. Konsumen di Indonesia juga cocok untuk menggunakan layanan web hosting ini. Apakah Hostinger menerima pembayaran Bitcoin? Tentu saja.

3.3. Hawk Host

Shared Web Hosting di Hawk Host juga memberikan kemudahan untuk para pengguna. Tarif shared hosting di layanan satu ini bisa dibilang cukup murah. Tarif shared hosting bisa dibayarkan tiap bulan, ataupun per tahun.

Jika anda membutuhkan layanan dengan traffic yang tinggi, mungkin akan sedikit kurang cocok. Namun jika untuk tipikal situs yang sederhana, akan cukup sesuai menggunakan Hawk Host. Atau, anda juga menggunakan jenis layanan lain di Hawk Host jika membutuhkan traffic yang besar.

hawk host web hosting

Beberapa layanan lain selain Shared Hosting ada reseller hosting,VPS, Cloud Hosting atau semi-dedicated. Virtual hosting Hawk Host ada di beberapa wilayah seperti Dallas, Los Anglese, New York, Amsterdam NL, Singapura SG, Hong Kong, maupun Toronto.

Layanan Hawk Host sudah sejak lama menerima pembayaran dengan Bitcoin. Kurang lebih sejak tahun 2004 silam, Hawk Host menerima pembayaran Bitcoin.

3.4. Namecheap

Namecheap adalah salah satu penyedia layanan web hosting yang sudah berumur cukup lama. Setidaknya sudah lebih dari satu setengah decade lalu. Namecheap ini juga disebutkan telah memiliki lebih dari 1 juta pelanggan di seluruh dunia.

Namecheap juga menjadi salah satu registrator ICANN terakreditasi. Sehingga bisa menjadi penjual domain dan web hosting berbagai jenis ekstensi. Namecheap memiliki beberapa jenis layanan hosting. Seperti shared hosting, VPS, cloud hosting, email hosting, dedicated server, dan lainnya.

namecheap web hosting

Apakah Namecheap juga sudah menerima pembayaran Bitcoin? Jelas, layanan ini sudah sejak 2013 silam menerima pembayaran dengan Bitcoin. Jangan lupa, biasanya di Namecheap ini juga memberikan kode diskon promo berkesinambungan. Bisa dilihat di tautan ini.

3.5. HostSailor

HostSailor ini adalah penyedia layanan web hosting yang berasal dari Dubai, Uni Emirat Arab. Ketika banyak melihat review HostSailor, tampaknya ada beberapa lokasi server yang tidak memberikan performa bagus.

HostSailor web hosting

Di sisi pemberian dukungan maupun fitur juga banyak menyatakan kurang optimal. Namun, tarif yang diberikan memang cukup kompetitif. Disamping itu, ya… layanan Web Hosting di HostSailor sudah menerima pembayaran dengan Bitcoin.

4. Dedicated Web Hosting

4.1. Vultr

Layanan dedicated web hosting di Vultr cocok untuk yang ingin pindah dari shared hosting karena sudah tidak sesuai dengan tingkat kebutuhannya. Opsi dedicated hosting memang memberikan kapabilitas yang lebih dibandingkan shared hosting.

vultr web hosting

Tarif di Vultr juga bisa dikatakan relatif murah. Konsumen juga akan mudah menggunakan layanan di Vultr. Meski reputasi Vultr masih disebut baru, namun pelayanan yang diberikan membuatnya sedikit dari pemain baru yang berdedikasi. Soal pembayaran Bitcoin, jelas Vultr sudah menerimanya.

4.2. Bitcoin Web Hosting

Layanan dedicated web hosting di Bitcoin web hosting punya beragam perangkat keras baru yang bisa ditentukan konsumen. Baik untuk kebutuhan hosting khusus, termasuk juga dengan pilihan harga dengan fitur-fitur yang dikehendaki.

bitcoin web hosting

Sayangnya layanan dari Bitcoin Web Hosting masih kurang banyak dikenal. Meski demikian, dukungan layanan yang diberikan juga cukup bagus. Apakah disini menerima Bitcoin? Jelaslah, nama hostingnya saja juga ada kata “bitcoin”.

Bahkan, disini juga menerima pembayaran cryptocurrency lain. Misalnya saja Litecoin (LTC) dan juga Ethereum (ETH).

4.3. Namecheap

Nemecheap juga menyediakan layanan dedicated web hosting. Layanan di sini punya beberapa tawaran harga berbeda dengan masing-masing fitur berbeda pula. Singkat kata, tarif yang ada berdasarkan skalabilitas yang ditawarkan pada konsumen.

Jika anda adalah tipikal baru mengenal dedicated web server, bisa memilih di layanan Namecheap. Karena tarif di sini mungkin terkesan lebih murah, terlebih ada bantuan dari tim Namecheap untuk konsumen.

4.4. Hosterbox

hosterbox web hosting

Daftar paket tariff dedicated server di Hosterbox lumayan sesuai dengan kebutuhan hosting. Namun terdapat pula tarif dengan kapasitas  yang lebih tinggi. Sayangnya di layanan ini hanya terdapat datacenter yang berlokasi di dua tempat yakni di Chicago dan Montreal – Kanada.

Selain paket dedicated hosting, Hosterbox juga menyediakan layanan shared Web Hosting, Reseller, VPS, Bitcoin dan Ethereum Hosting. Bitcoin dan Ethereum hosting ini maksudnya jika konsumen berniat untuk melakukan pembayaran dengan Bitcoin. Namun pada dasarnya di HosterBox juga sudah menerima Bitcoin, meskipun untuk jenis paket berbeda.

4.5. Bullhost

Hampir sama seperti penyedia layanan dedicated web hosting, di Bullhost juga memberikan beberapa opsi berbeda. Sehingga konsumen bisa menyesuaikan dengan kebutuhannya. Namun dari beberapa review yang ada, menyebutkan tariff di Bullhost relative lebih tinggi dari kebanyakan.

Ternyata di Bullhost memang dirancang untuk konsumen tingkat lanjut dengan pengetahuan pengelolaan server lebih khusus. Mungkin ini yang membuat tarif di Bullhost lebih mahal dari kebanyakan. Soal Bitcoin, jelaslah di Bullhost sudah menerima.

4.6. Shinjuru

Selain juga memberikan paket dedicated web hosting, Shinjuru juga menyediakan VPS hosting, Shared Hosting, maupun Email hosting.

Shinjiru web hosting

Layanan web hosting di Shinjuru ini sudah sejak tahun 2000 lalu. Di layanan web hosting Shinjuru ini lebih memberikan opsi privasi untuk konsumen. Jika anda adalah karakter yang membutuhkan privasi lebih, mungkin lebih cocok menggunakan Shinjuru. Soal bitcoin, Shinjuru sudah menerima pembayaran bitcoin untuk berbagai layanannya.

5. VPS Web Hosting

5.1. Shinjiru

Paket VPS Web Hosting di Shinjiru ini kabarnya baru-baru ini ada upgrade besar. Konsumen tentu lebih punya pilihan mulai dari tarif yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk kebutuhan privasi konsumen, di layanan Shinjuru ini mungkin bakal menarik biaya tambahan, meskipun dalam jumlah kecil.

5.2. Hostinger

VPS Hosting di Hostinger juga memberikan tarif yang kompetitif. Selain itu pihak layanan ini juga memberikan kebutuhan yang bisa disesuaikan sendiri oleh konsumen. Secara umum pengguna tidak akan menemukan banyak kesulitan penggunaan. Hal tersebut ditunjang dengan dukungan pelanggan sampai masalah teknis yang dibutuhkan.

5.3. Hawk Host

Hawk Host juga memberikan layanan VPS hosting. Ada beberapa paket dengan fitur yang bisa disesuaikan sendiri sesuai kebutuhan konsumen.

Pihak penyedia jasa di Hawk Host mengakomodir kebutuhan konsumen, sampai dengan level yang anggaran yang minim. Sehingga layanan di sini mungkin akan bisa menyentuh segmentasi yang lebih luas. Terkait dengan teknis untuk VPS, pengguna juga akan mendapat dukungan layanan tersebut.

5.4. RamNode

VPS di RamNode punya beberapa spesifikasi terbaik. Meski demikian, harga yang ditawarkan juga bisa dibilang cukup kompetitif. Ada juga opsi perangkat keras lama dengan biaya yang relatif lebih murah.

ramnode vps web hosting

RamNode juga memberikan beberapa fitur dan opsi tambahan di paket berbeda. Secara umum fitur dan opsi itu tampaknya masih belum kompetitif dibandingkan dengan vendor lain.

5.5. HostSailor

Pilihan VPS web hosting di HostSailor punya beberapa pilihan harga dengan tarif yang murah. Meski murah, namun spesifikasinya juga masih layak untuk digunakan.

Secara umum VPS di HostSailor tidak untuk kelas menengah ke atas. Selain itu juga ada tambahan biaya di beberapa fitur tambahan yang ingin digunakan pengguna.

5.6. Namecheap

Namecheap memang juga menyediakan layanan VPS hosting. Sayangnya dari banyak review yang ditemukan, sebagian besarnya menyebutkan dukungan pelanggan yang rendah.

Jika memang ingin menggunakan VPS di Namecheap, pastikan bahwa anda sudah cukup menguasai teknis web server. Jika tidak, anda akan banyak menemui kesulitan, sementara dukungan teknis untuk pengguna tidak begitu memadai. Lebih baik, Namecheap memang lebih spesifik untuk membeli domain saja. Untuk hostingnya, sebaiknya pilih di vendor lain.

5.7. Bitcoin Web Hosting

Tarif VPS di Bitcoin Web Hosting juga kompetitif. Didukung dengan sekian banyak data center di berbagai negara termasuk di Asia.

Bisa dikatakan, reputasi Bitcoin Web Hosting juga masih baru. Tidak banyak ditemukan keluhan pengguna. Paket VPS yang ditawarkan adalah Bitcoin VPS dengan dua opsi. Yakni Linux VPS dan Windows VPS Hosting. Tiga lokasi VPS yang ada adalah AS, Eropa dan Asia. Tidak ada perbedaan tarif dari ketiga pilihan itu.

6. Cloud Web Hosting

6.1. Linode

Linode bisa dikatakan sebagai salah satu vendor cloud hosting kawakan. Spesifikasi yang ditawarkan juga sesuai dengan kapasitasnya.

linode cloud web hosting

Paket cloud hosting di Linode cukup komprehensif, dengan penilaian yang bagus. Jika ingin memilih kapasitas lebih rendah, anda juga bisa menurunkan spesifikasi tersebut. Sehingga sesuai dengan kebutuhan. Dukungan pelanggan juga cukup aktif dan juga responsif.

6.2. DigitalOcean

Cloud web hosting di DigitalOcean kerap mendapatkan apresiasi karena memberikan antarmuka yang lebih user friendly. Pengguna menjadi lebih mudah untuk berinteraksi di layanan cloud hosting ini.

Selain itu daftar paket cloud yang ditawarkan juga cukup fleksibel bagi pengguna. Sehingga bisa menyesuaikan tarif yang benar-benar sesuai dengan kebutuhannya.

6.3. Vultr

Cloud hosting di Vultr juga ada beberapa pilihan yang bisa disesuaikan kebutuhan pengguna. Selain itu juga memberikan harga yang beragam. Sesuai dengan tingkat kebutuhan tersebut. Salah satu paket dengan lebih miring adalah untuk menyentuh lapisan lebih bawah. Mungkin itu dilakukan lantaran di segmentasi lain sudah banyak didominasi oleh vendor cloud hosting lainnya.

6.4. Hostwinds

Hostwinds juga memberikan paket cloud hosting dengan pilihan yang lebih sederhana. Di berbagai pilihan selain cloud, Hostwinds memang sudah dikenal dengan kesederhanaan fiturnya.

Pengguna kebanyakan juga tidak akan terlalu sulit untuk mengoperasikan server cloud. Sayangnya, masih banyak review yang menyebutkan keterlambatan dalam memberikan respon layanan.

6.5. Glow Host

Pilihan paket cloud dengan spesifikasi tinggi di Glow Host tidak begitu banyak. Harga yang ditawarkan relatif lebih tinggi. Namun hal itu dimaksudkan untuk memberikan dukungan layanan berkualitas tinggi untuk konsumen.

glow host cloud web hosting

Termasuk juga untuk meminimalisir downtime, dan juga potensi gangguan yang memungkinkan bisa terjadi. Bagi pengguna yang membutuhkan dukungan layanan prima, tentu biaya yang lebih tinggi itu tidak akan menjadi masalah krusial.

7. Web Hosting Anonim

7.1. IT Itch

IT Itch memberikan beragam layanan dengan harga yang kompetitif, ditambah dukungan privasi untuk konsumen. Jika dilihat dari perwajahan situsnya, sekilas tampak cukup sederhana. Namun jangan salah, layanan web hosting di IT Itch ini punya segudang informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.

it itch web hosting

Tim di balik penyedia web hosting ini terkesan sudah cukup kawakan dalam dunia web hosting. Termasuk pula jika terkait dengan masalah keamanan dan juga privasi.

7.2. CyberBunker

Layanan web hosting di CyberBunker juga memberikan perlindungan privasi untuk pengguna. Bahkan, CyberBunker ini sudah cukup banyak dikenal karena privasinya itu.

Usut punya usut, ada yang menyebut CyberBunker sudah pernah digunakan oleh WikiLeaks di masa lalu. Meskipun belum ada yang memberikan bukti benar tidaknya kabar tersebut. Walau bagaimanapun pengguna sendiri yang menentukan percaya tidaknya.

Secara umum, CyberBunker memang banyak disebut memiliki proteksi yang luar biasa bagus. Dengan kecakapan dan profesionalitasnya, agaknya tarif yang mahal itu memang cukup sebanding. Soal pembayaran Bitcoin? Gak usah pake ditanya lagi, sudah jelas terima bitcoin.

cyberbunker ditutup tahun 2019

Sayangnya sejak 30 September 2019 CyberBunker ditutup oleh pihak kepolisian Jerman. CyberBunker dengan nama lain “CB3ROB” ditutup dengan tuduhan aktifitas panjang di darknet. Pirate Bay pun disebut dihosting di CyberBunker juga.

Saat pihak berwenang menyerbu lokasi server, ternyata bertempat di sebuah bekas bunker semasa perang dingin sekitar tahun 1955. Bunker ini berada di sebuah luar kota kecil bernama Kloetinge Belanda. Ada cukup banyak tersebar foto lokasi dimana server CyberBunker ini berada. Lengkap dengan perangkat canggih dengan tingkat keamanannya.

Singkat kata, layanan ini sudah tidak bisa lagi digunakan. Namun tetap perlu menjadi catatan penting.

7.3. MivoCloud

Sekilas layanan web hosting dari MivoCloud tampak seperti sebuah layanan hosting kebanyakan.  Namun orang mungkin tidak mengetahui jika di MivoCloud juga memberikan layanan hosting dengan dukungan privasi.

Harga yang ditawarkan mungkin masih sedikit lebih tinggi jika dibandingkan beberapa layanan lainnya dengan fitur yang sama. Namun jika terkait dengan keamanan dan privasi, pihak penyedia layanan jelas sudah mengetahui apa yang mereka tawarkan kepada pelanggan.

7.4. Shinjiru

Terkait dengan fitur privasi, Shinjiru juga termasuk salah satu penyedia layanan yang kompetitif.

7.5. Vindo Hosting

Untuk masalah privasi, layanan Vindo Hosting memberikan tarif yang lebih sederhana pada pelanggan. Tampaknya di penyedia web hosting dari Vindo lebih fokus pada layanan shared hosting dan VPS.

7.6. Bitcoin Web Hosting

Sebagai salah satu penyedia layanan web hosting baru di sektor ini, Bitcoin Web Hosting terlihat masih berupaya membangun reputasi dengan spesifikasi privasi untuk pengguna. Secara keseluruhan, fitur privasi ini ditawarkan di berbagai pilihan paketnya. Selain Bitcoin, pengguna juga bisa membayar menggunakan Litecoin dan juga Ethereum.