Proof of Reserve Bitcoin

Merupakan sebuah sebuah bukti adanya cadangan dana yang dimiliki. Bukti cadangan dana ini dilakukan utamanya oleh para exchanger Bitcoin yang bertindak seperti layaknya sebuah bank, yang memegang saldo Bitcoin pelanggannya.

Setelah terjadi insident yang menimpa pada kasus Mt.Gox, banyak exchanger Bitcoin dan perusahaan lain yang memberikan prosedur semacam ini, baik berupa Proof of Reserves, Multisignature, atau Audit eksternal, dan lainnya. Tujuannya, agar pelanggan atau user bisa melihat liabilitas perusahaan dalam hal terjadinya kepailitan. Dan yang utama, agar user juga bisa melihat bahwa kepailitan tersebut tidak melebihi cadangan dana yang disiapkan tersebut.

Selanjutnya, proof of reserve dalam Bitcoin ini menjadi salah satu bagian dari prosedur proses Audit. Dalam hal ini adalah para exchanger Bitcoin maupun perusahaan lain.

Edukasi Bitcoin

Edukasi Bitcoin

EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.

Related Posts

Next Post

Discussion about this glossary