Bitcoin Halving

    0
    14

    Bitcoin Halving adalah sebuah metode untuk mengontrol supplay penciptaan mata uang digital dalam Bitcoin. Berbeda dengan mata uang konvensional, dimana peran itu dijalankan oleh Bank Sentral yang bertugas untuk mengontrol basis moneternya. Sedangkan Bitcoin berbeda, karena tidak ada sistem terpusat dalam Bitcoin.

    Penciptaan Bitcoin baru, dilakukan oleh node-node Bitcoin yang terhubung didalam Jaringan Bitcoin melalui sebuah proses pertambangan Bitcoin. Pertambangan Bitcoin itu, dilakukan dengan memecahkan puzzle dalam tingkatan kesulitan tertentu untuk bisa menemukan blok-blok baru Bitcoin. Para penambang yang berhasil menemukan blok baru akan mendapatkan reward sebesar 25 Bitcoin.

    Untuk mengatur moneter penciptaan Bitcoin, sudah ditetapkan dalam protokol Bitcoin bahwa pada setiap penciptaan Bitcoin yang telah mencapai 210.000 blok, maka reward Bitcoin akan dikurangi menjadi “separuh”. Sehingga nantinya dari besar 25 Bitcoin reward, menjadi 12,5 Bitcoin. Pengurangan reward menjadi separuh inilah yang disebut dengan “Bitcoin Halving”. 

    Berita sebelumyaMining Gap
    Berita berikutnyaCHECKMULTISIG
    EdukasiBitcoin adalah media online untuk berbagi pengetahuan dasar tentang Bitcoin. Harapannya, agar bisa dijadkan sebagai sumber informasi maupun sebagai referensi penambah pengetahuan yang bermanfaat, berkaitan dengan Bitcoin dan teknologi yang melingkupinya.